Mengisi Benang di Spool

Cara Mengisi Benang di Spool

Dalam prosesi menjahit, sebelumnya Anda pasti akan memilih benang yang warnanya sesuai dengan kain yang akan dijahit bukan? Apabila ingin memiliki warna benang yang sama dengan yang ada di dalam spool, maka benang harus digulung ke dalam spool. Untuk mendapatkan hasil konveksi yang cantik, warna benang memang dianjurkan untuk sama dengan warna kain agar tidak terlalu terlihat mencolok. Oleh karena itu, perlu diketahui bagaiaman cara untuk mengisi benang yang ada di spool.

Mengisi Benang di Spool

Lepaskan Spool Dari Mesin Jahit

Sebagai langkah pertama dalam cara mengisi benang di spool, sebaiknya lepas meja tambahan jika ada. Pemasangan spool sendiri terdiri dari dua cara yaitu vertikal dan horizontal. Untuk spool yang vertikal, penutup rumah sekoci dibuka agar sekoci dapat keluar.

Mengangkat Tuas Sekoci dan Menariknya Keluar Mesin

Jika secara vertikal Anda harus membuka penutup rumah sekoci terlebih dahulu, pada langkah ini jika spoolnya secara horizontal maka hal selanjutnya cukup dengan membiarkan sepul terlepas dari sekoci.

Mengetuk Sekoci Bagian Atas, Biarkan Spool Terjatuh

Apabila spool yang baru Anda keluarkan berisi benang-benang yang berbeda warna maka pilihlah spool yang kosong untuk menggantikan spool tersebut. Solusi lainnya adalah, jika isi di dalam sepul tidak banyak maka benang-benang yang ada dilepaskan terlebih dahulu lalu baru digunakan.

Memasukkan Benang Pada Tempat Benang

Sekarang ini, sudah banyak mesin jahit yang menggunakan gravitasi dalam hal menahan gulungan benang. Jadi, apabila tempat benang yang Anda miliki berbentuk vertikal tanpa panahan, Anda tidak perlu khawatir.

Mengaitkan Ujung Benang Pada Pengatur Tegangan Benang dan Kaitan di Atasnya

Tempat kaitan benang pada Mesin Jahit Singer berbeda-beda lokasinya. Tetapi umumnya, kaitan benang berbentuk seperti donat dengan ukuran yang menyesuaikan kebutuhan. Jika sudah, masukkanlah ujung benang pada lubang bagian atas spool untuk membantu benang sehingga tidak mudah terlepas.

Menekan Spool Ke Tiang Penggulung Benang Spool

Sebelum menekan spool, pastikan terlebih dahulu bahwa penahan spool sudah terkunci dengan baik. Setelah itu, spool dimasukkan sesuai dengan posisi benang yang sudah masuk pada lubang penahan yang mengarah ke atas atau Anda tergantung posisi penggulung benang spool yang ada di mesin jahit.

Melepaskan Mesin Penggerak Jarum

Fungsi dari melepaskan mesin penggerak jarum adalah supaya tidak berfungsi untuk sementara waktu. Cara untuk melepaskan mesin ini adalah dengan menarik atau menekan bagian tengah roda atas. Untuk lebih pastinya, Anda sebaiknya membaca manual mesin. Mesin jahit lebih cepat dalam menggulung atau mengisi benang pada spool dibandingkan menjahitnya.

Mengaktifkan Mekanisme Penggulung Benang Sepul

Beberapa mesin jahit memiliki cara yang unik untuk mengaktifkan mekanisme alat tersebut antara lain dengan cara menekan spool ke arah samping.

Memegang Ujung Benang Sembari Menjaga Jarak

Apabila benang sudah berhasil digulung, maka putaran spool akan menjadi sangat halus dan cepat. Sebaiknya, potonglah ujung benang yang dekat dengan spool sebagai salah satu solusi untuk mengatasi benang diatas spool yang tersangkut ketika mesin jahit bergerak.

Mengisi benang pada spool memang harus dilakukan sebelum mulai untuk menjahit. Cara mengisi benang di spool tidaklah sulit. Namun, sebelumnya pastikan untuk memilih warna yang sama antara benang dan bahan konveksi.Apabila anda mendapatkan kesulitan anda dapat datang ke Toko Mesin Jahit di Jakarta atau yang terdekat dari Rumah anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *